Selasa, 05 Juli 2011

Basic: How to Create a Screenshot [PrtSc] and Snipping Tools

Oke, sebenarnya saya tidak pernah berencana untuk membuat postingan yang satu ini, tetapi hati saya cukup tersayat-sayat #lebai# melihat masih ada beberapa orang yang masih sering menanyakan hal yang satu ini. Di keyboard anda, atau bagi yang tidak didepan keyboard, anda pasti sering melihat tombol bertuliskan PrtSc. 












Lalu apa kegunaan tombol tersebut? Singkatnya tombol tersebut berfungsi untuk mengscreenshot [SS] tampilan desktop anda saat anda menekan tombol PrtSc tersebut. Misalnya saja anda sedang menonton sebuah film, lalu ada sebuah adegan yang anda ingin jadikan wallpaper anda, cara screenshot ini tergolong cukup efektif untuk melakukan hal tersebut. Langkah-langkahnya adalah:
1. Klik tombol PrtSc di tampilan monitor yang ingin anda screenshot.
2. Buka software pengolah gambar seperti Paint. [Start > All Programs> Accesories> Paint.]
3. Klik Ctrl+V atau paste di halaman Paint yang sedang anda buka.
Pada tahap ini, anda baru saja menampilkan sebuah hasil screenshot.
4. Klik File > Save As, dan masukkan nama file yang anda inginkan, direktori penyimpanan data, maupun format gambar yang ingin anda simpan.
Selesai, simple I think, dan saya yakin 90% pembaca sudah tau cara melakukannya. Oke, finally, semoga bermanfaat dan setidaknya, dapat mengurangi jumlah orang yang menanyakan hal tersebut :)


Update: Terimakasih atas informasi yang diberikan oleh Xahn. Tampaknya ada beberapa kondisi dimana PrtSc tidak bisa digunakan, seperti ketika kita memainkan game-game tertentu. Untuk itu, kita memerlukan bantuan software yang dinamakan Snipping Tools, sebuah software yang dibuat oleh Microsoft. Snipping Tools ini sebenarnya didesain untuk windows Vista dan 7, tetapi ada versi buatan publik yang dapat digunakan untuk windows XP, yang dapat didownload disini. #Terimakasih kepada komunitaskami sebagai penyedia link#
Untuk Windows 7, anda dapat menemukan Snipping Tools di Start >  Accessories> Snipping Tools. Mudah bukan? =D
freedom_holicx

1 komentar:

  1. Very informative, keep posting such sensible articles, it extremely helps to grasp regarding things.

    BalasHapus